castle

castle
every step in your life is a process of goal achievement. It's my life, it's my inspiration

Antah-berantahku

Jumat, 26 September 2014

Afgan, Kaca Matanya, dan Daftar 100 Keinginan :D

Ga tau kenapa tiba-tiba pengen nulis beginian dan kenapa juga ngasih judul kaya begitu.
Ini bukan tentang Afgan, setidaknya ini tak sepenuhnya tentang Afgan walaupun Afgan mendominasi. Seperti biasa saya sangat random, absurd, dan kebetulan lagi pengen nulis apapun, itung-itung nambahin isi blog yang cuma dibikin doang tapi ga pernah diurus ini, entah tahun kapan blog ini terakhir dibuka, syukur masih ingat passwordnya.

Usut-diusut nih kenapa jadi bawa-bawa Afgan ini gara-gara tadi siang dengan sengaja saya bikin ’10 of  the great things what i want to do’. Saya emang hobi banget bikin yang beginian, itung-itung buat pengingat dan motivasi diri sendiri biar ga loyo dalam menjalani hidup.
Sebelum 10 hal ini saya bikin di note hape, bertahun-tahun yang lalu saya sudah terlebih dahulu bikin 100 hal yang harus saya capai/lakukan dalam hidup -yang saya bagi 50:50, 50 hal untuk dunia, 50 hal untuk bekal hidup abadi- beserta bagaimana dan apa yang harus saya lakukan untuk mencapainya.

Nahhhh, jreng jreng banget ya disalah satu nomer saya menuliskan kata-kata:

‘Pokoknya harus ketemu Afgan, kalo ngga duet bareng Afgan’



Haha, pas saya baca lagi ko saya jadi ngakak, ngebayangin betapa gilanya dulu saya sama pria berkaca mata itu. Saya jadi flashback pas Afgan pertama kali debut dengan singel ‘Terimakasih Cinta’-nya, waktu itu saya kelas XI SMA dan saya jatuh cinta pada pandangan pertama.
Hei! Pria berkaca mata itu salah satu tipe kesukaan saya (kesukaan lho ya, bukan berarti idaman :D).

Afgan, Harry Potter (HarryPotter, bukan Daniel Radcliffe, mereka beda dimata saya, saya lebih suka karakter fantasinya) ditambah lagi saya punya satu sahabat berkaca mata yang boleh saya bilang dia ganteng dan baik banget (ngga ko saya ga naksir sama sahabat saya, benar2 just friend, murni), makin jadilah nilai plus pria berkaca mata, soalnya pria-pria berkacamata yang saya kenal pada ganteng dan baik pula, dan saya menggeneralisir mereka. Hahaha.. tapi sejauh ini saya ga pernah sih yang namanya pacaran sama pria berkaca mata (kalo kata Kris ‘it’s not my style’), Kekekeke.. kalo naksir pria berkacamata sih pernah :p

Kerjaan kalo lagi ga ada guru/dosen


Balik ke Afgan. Suka banget... udah pake kaca mata, rambutnya ponian unyu, suaranya bagus, pinter lagi (*alay banget lah gue).
Dulu di masa keemasan kealayan saya, saya sering update status ‘Pengen dipeluk Afgan’. Duhhh.. malu-maluin deh.
Afgan itu adalah orang pertama yang saya follow pas saya bikin twitter (yang kedua dan ketiganya antara Icha dan Lenny), saya punya poster Afgan segede lemari dua pintu (?) dari tabloid remaja, aktif di forum Afganisme walaupun gagal mulu pas mau dafatr sebagai anggota resmi, punya semua koleksi lagu Afgan di handphone Nokia 6120classic saya dulu, update jadwalnya Afgan (btw, saya pernah nanya kapa Afgan nikah, katanya doski(?) mau nikah umur 27, berarti 2tahun lagi), beli majalah/tabloid yang ada Afgan2nya, kepoin twitternya kakak sama adeknya Afgan, dan saya selalu siapin spidol kalo lagi main ke Jakarta dengan harapan kalo ketemu Afgan bisa langsung minta tandatangannya (Hahaha, gila lu ndro!), bahkan alm.nenek saya mungkin percaya kalo cucu nya punya pacar yang bernama Afgan saking seringnya nama itu disebut-sebut.

KYAAAAA itu masa lalu, Chingu(?) sebelum saya diracunin sama pria berkaca mata (lagi) yang namanya Park Chanyeol. Hahahaaa.. tapi walaupun begitu nama Afgan masih berguna sih saat ada yang nanya “Shella mana pacarnya?” karena tidak semua orang mau legowo dikasih dalil jadi saya selalu jawab “Duh, Afgan-nya lagi sibuk” (sambil tersenyum manis), kalo udah begitu yang nanya langsung diem deh males ngeladenin (Nih anak gila apa ya?), dan saya pun selamat dari pertanyaan menjebak itu *EvilLaugh.

Kalo yang ini sih ga gila-gila banget, gila biasa aj. Seengganya saya ga pernah ngeganti nama pesbuk pake marga bias kaya para the other kepopers (For example : Shella Park, Shella Yoejachingu Chanyeol, Mrs. Park Andini, Shella Andini si nyonya Park, dsb), ini mah biasa aj, pengobat kegilaan saya sebelumnya (ngobatin gila berat dengan gila ringan).
Ngga ko saya juga ga pernah ngayal duet ngerap sama Chanyeol kaya saya ngayal berduet sama Afgan (padahal suara fals), engga- saya juga ngga pernah ngayal menikah dengan Park Chanyeol dan jadi Lucky fans EXO, saya malah berpikir buat pura-pura cuek nanti kalo saya ketemu Chanyeol (anti mainstream kaya di drama2 *lho?), pokoknya biasa aj, serius! (siapa juga yang butuh pengakuan?!).

Saya suka kepop (tepatnya drama dan EXO) tapi ga mau dianggap kepopers apalagi sampe teriak ‘Oppa oppa’ dan nyebut diri sendiri pake ‘nae nae’ (asli geli dengernya juga, nae ani mwo mwo :p) tapi jujur saya suka sama panggilan ‘eonni’ (kakak perempuan dari adik perempuan) rasanya terdengar sangat personal. Tapi.... walaupun hanya gila ringan, saya bisa banget kalo diajakin heboh dan nyambung banget kalo diajakin ngomong kepop, intinya, saya mendadak gila kalo ada temennya, kalo ngga mah anteng weh.

Tuh kan udah kemana-mana, inti dari uraian konyol diatas adalah ‘Saya udah ga gila lagi sama Afgan dan kacamata Oakley-nya karena ada Chanyeol, tapi saya juga biasa aj sama Chanyeol, jadi kesimpulannya sekarang saya lagi biasa aj dan sedang ga suka-suka banget sama pria berkacamata manapun’(?).

Balik lagi ke daftar 100 keinginan (karena sebenarnya ini yang pengen saya bahas, tapi saya muter2 dulu ke Afgan, kacamata, dan kepop. Maklum, saya ini sanguinis [walau dikira melankolis] dan saya bergolongan darah B, jadi memang begitulah keadaannya, narsis dulu dan bertele2 :D ). Btw, salah satu hal gila lain selain Afgan yang saya tulis di daftar ‘100 keinginan’ adalah ‘Mengislamkan Lee Seung Gi’ (Nah lho, apa lagi ini?).
Pokoknya saya benar-benar memasukkan beberapa hal gila (Konyol, red) dalam daftar keinginan itu. Syukur-syukur saya ga nulisin ‘Ingin menjadi ranger kuning, menjadi barbie dan menumpas kejahatan di negeri peri’ atau ‘menjelajah negeri dongeng bersama Oki dan Nirmala’ (ini hanya jadi hayalan masa kecil yang saya bungkus dengan sangat indah dalam angan, ciyeee)

Saya ini orang pendiem (yakin bgt) dan selalu merasa jari jemari bertulang kaku saya lebih lincah dari pada lidah tak bertulang saya, jadinya memang dari dulu saya selalu lebih nyaman menuliskan apa yang saya rasakan dari pada mengucapkannya. Kalo nanya tentang apa yang saya rasakan secara face to face, siap-siap aj menjamur, soalnya saya pasti akan bungkam seribu bahasa (ciyeee), tapi kalo disuruh nulis, huahhhh bisa setebal DDC (Dewey Decimal Classification) vol.5. Oke, ini berlebihan, just info DDC vol.5 itu dua kali lipat lebih tebal dari novel Harry Potter and The Order of Phoenic.
Tapi bagaimana pun saya bersyukur karena lebih senang menuliskan semuanya, karena saya tidak percaya dengan ingatan yang hanya disimpan dalam memori otak saja. Setumpuk buku diary pun (dari jaman SD sampe Kuliah) kini benar-benar menjadi teman nostalgia yang menggelitik dan sangat menghibur.

Ada banyak hal yang saya temukan dari setumpuk diary yang dibaca kembali tentang betapa konyolnya saya di masa lalu (*mulai serius), saat pertama kali saya menyukai lawan jenis, bagaimana memendam perasaan yang begitu dalam bertahun-tahun, saat saya dengan nekatnya bikin pernyataan cinta(?) (duhhhh *tutup muka. Ini benar2 gila!), saat saya bisa berinteraksi dengan orang yang saya taksir, bagaimana saya melalui hari-hari dengan ambisius yang besar, perasaan saat menjadi yang terpilih, perasaan menjadi juara, perasaan saat saya gagal, betapa gilanya saya dengan pria berkaca mata berdimple dan yang emmbawa tongkat sihir (Afgan dan Harry Potter, red) dan banyak hal yang ternyata selama ini tak tersimpan lagi dalam memori namun tersimpan rapi dalam diary.
Pun tentang daftar 100 keinginan yang bersemayam nama Afgan dan Lee Seung Gi di dalamnya, benar-benar ampuh menjadi pengingat -bukan hanya mengingatkan betapa gilanya saya dengan Afgan, kacamatanya maupun suara merdunya saja seperti cerita diatas- melainkan mengingatkan bahwa ada banyak hal yang masih harus saya kerjakan karena masih ada banyak hal yang belum memperoleh checklist.

Ciyeee mulai nostalgilaaaa. Well, kalo dibilang malu, tentu saja malu banget kalo sampe ada yang nemuin buku-buku saksi sejarah kealayan yang entah kenapa semuanya berwarna ungu (padahal warna kesuakaan saya itu Ijo-putih walaupun saya suka ranger kuning, pikachu, pooh, dan Lala teletubbies yang semuanya berwarna kuning) itu. Makanya saya lebih senang cuap-cuap begini dan mengakui secara tidak langsung kealayan “yang saya banggakan” ini daripada ketahuan dari sumber kesekian atau langsung dari saksi bisu buku-buku berwarna ungu itu.
Bisa berbicara dan mengenang tentang masa lalu “meyakitkan” begini membuat saya merasa lebih lapang karena merasa tidak punya masalah yang tertinggal di belakang.

Pernah disuatu malam di sebuah acara ‘sebut saja pemilihan kaput’, saya mengajukan sebuah pertanyaan pada salah satu kandidat yang isinya “Kalau bisa mengulang waktu, hal apa saja yang ingin diperbaiki atau dihilangkan dalam hidup?”, dan saya pun menanyakan itu berulang kali pada diri sendiri.

Kalau dulu sih saya akan dengan semangat bikin list apa saja yang akan saya perbaiki atau tidak akan saya lakukan atau bahkan yang akan saya lakukan. Salah satunya adalah berubah menjadi seorang anak perempuan yang anggun (bukan pemanjat pohon dan penjaga gawang yang membuat saya jadi pengoleksi banyak bekas luka), menghapus segala agenda kealayan tak berguna, mendeteksi dan menyadari tanda-tanda kealayan, menormalkan kegilaan saya pada Afgan dan kacamatanya (lagi) dan mengganti dengan melakukan hal lebih berguna. Mungkin saya bisa jadi seorang filateli dengan mengoleksi perangko tua bergambar pak Karno dan pak Harto, menghapal simbol/kode semarpur(?) dan mahir dasar pramuka (btw, saya hafal morse loh dulu :p *abaikan), belajar fisika lebih rajin dan lebih semangat dalam menghapal tabel sistem periodik.

Cuma kalau sekaranggggg... kalau memang bisa diulang hal yang ingin saya lakukan adalah.... terlahir sebagai seorang putri dan menjadi tokoh dongeng happily everafter (Bo’ong, ding. Kkekeke), hanya ingin menyimpan lebih banyak senyum dari wajah orang-orang terdekat terlebih dari wajah orang-orang tersayang dan mungkin aku ingin ‘mengenal’ KAU lebih dalam lebih awal :D

Mau alay, mau jadi pemanjat pohon dan penjaga gawang, bekas luka disana sini, hanya hafal dua kolom sistem periodik, ga bisa bikin turunan rumus fisika, ditolak sama gebetan(apaan ini? Gue menghayal) dan segala kekurangannya ya yo wes aku rapopo. Karena semua hal gila, konyol, dekil, absurd, bodoh and whatever it’s name, membuat saya belajar dan mengambil hikmah lebih banyak. Gagal yang menempa, alay yang mendewasa, dan berhasil yang mengindah.


Terima kasih pada Afgan dan kaca matanya yang bersedia menjadi bagian dari cerita alay masa muda(?) saya dan sempat nyempil sekian waktu di 100 daftar keinginan yang membuat saya berjuang dengan keras menjadi seorang ‘ahli informasi’ (kepoers, red), yang membuat saya jadi menulis ‘autobiografi’ singkat ini (hhihi), yang membuat saya sangat gigih menenteng spidol dan kertas bercorak bunga2 (*jangan percaya) disetiap ruang publik yang mungkin disana saya bisa menemukanmu. Saya benar-benar berusaha keras. Hhahaha

Gan, gue percaya jodoh pasti bertemu seperti yang lo bilang. Hmmm...

Dan kalau tulisan ini sampai padamu, tolong hubungi saya segera (*mabok kulit manggis)
Oh iya, anyway terimakasih banyak karena sudah membantu saya membungkam mulut orang-orang yang bertanya ‘Pacarmu mana?’ :D
Namamu adalah jawaban terbaik yang bisa saya berikan atas pertanyaan-pertanyaan menjebak itu tanpa terkesan menggurui siapapun, semoga kau hidup dengan baik ({})

Terimakasih Park Chanyeol yang menghapus perlahan kegilaan tentang Afgan yang sempat saya khawatirkan tingkat keakutannya :D

Terimakasih bekas-bekas luka yang mengingatkan betapa dulu saya adalah seorang Ranger Kuning yang sangat hebat :D

Terimakasih diary-diary ungu yang menampung semua cerita suka-cita-duka-lara yang menggelitik saya sebelum saya bikin tulisan ini.

Orang-orang yang pernah mampir dan masih membersamai hingga saat ini. Buat teman esde gue, teman esempe gue... (*cut cut cut, dilarang plagiat! *matikan kamera).

Terimakasih ‘daftar 100 keinginan’ yang menginspirasi terjadinya tulisan ini dan mengingatkan apa lagi yang harus aku lakukan dan aku capai.

Mama, Bapak, Adek-adek yang sabar sekali menghadapi si’manja’ ini. Thanks a lot and love u all.

Dan tak terkira rasa syukur yang besar pada ALLAH yang menjadi aku sebagai aku. Yang membukakan semua hikmah untuk aku ambil pelajaran darinya.
Seperti apapun cerita masa lalu, I’m glad I’m me :)

Memaafkan masa lalu adalah salah satu cara berdamai dengan penyesalan

Tema tulisan ini sebenarnya adalah tentang masa lalu yang didominasi sama Afgan, dan saat tulisan ini dibuat, saya benar-benar sudah move on, kalo ngga saya ga akan mengakui kalau saya ini alay dan gila tanpa diikuti kata ‘dahulu’. Dan saya tidak merasa ini aib, ini hanya sepenggal kisah sebelum berhijrah:D


Ingatkan aku bahwa diawal tulisan ini sudah ada warning tentang random dan absurd :D


With all of my heart
Di tempat ternyaman di istana orang tuaku
(26/09/14, 2.04am)


_Shella Andini_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar