castle

castle
every step in your life is a process of goal achievement. It's my life, it's my inspiration

Antah-berantahku

Minggu, 18 Desember 2011

Penghargaan Kecil

Selasa, 6 Desember 2011 (23:39)
@ my little green room

Banyak hal-hal kecil yang kadang tanpa kita sadari hal itu begitu penuh hikmah. Agenda buka puasa biasa yang istimewa.

Kemarin (senin, 5 desember 2011) aku, Lenny, dan Desi buka puasa di foodcourt Jatinangor town square, sebut saja Jatos. Tiga mahasiswi diawal bulan dengan kantong yang masih cukup tebal dibanding minggu sebelumnya.
Acara buka puasanya biasa, ditempat yang biasa pula dengan menu sop buntut dan ayam krispi yang disantap dengan lahap karna efek lapar yang amat sangat mendera.

Sipp, makan beres, lanjut sholat magrib terus nongkrong bentar di musolah jatos yang kata Desi sangat engap, tapi menurutku sangat bau itu (Enggap yang menyebabkan bau) buat sholat isya berjamaah. Bukan maksud buat merendah-rendahkan tempat ibadah yang suci itu tapi memang begitulah keadaannya.

Beres sholat, akupun mengambil langkah seribu. Cusssss dengan tenaga yang sudah pulih karna sop buntut mamamia yang mak nyos. Beda banget deh sama musolah akhwat gedung 5 lantai 2 fikom unpad yang bikin pewe setengah idup yang nyaman banget buat tidur siang dan yang seolah-olah jadi kamar pribadi kalo lagi dikampus.

Its oke, bukan cewe tepatnya bukan shella n the geng *jiahhhhh punya geng nih ceritanya* kalo ga mampir dulu ke toko baju atau pernak pernik. Yah walaupun kaga belanja yang penting mata seger liat barang-barang lucu terpajang dietalase. Sesuatu banget deh, I’m serious.
Di lantai 3, depan toko pernak pernik aku, saya, gue, ngeliat bocah cowo kecil lagi muter-muter. Nah, disini nih ceritanya dimulai. Yang diatas itu Cuma prolog doang.

Aku : Eh, jang muter” gitu ntar pusing loh
(benar saja, si bocah berhenti berputar, sempoyongan mau jatoh. So jiwa pahlawan gue muncul nih ceritanya. Gue tanggep aj tu bocah yang mau jatoh, terus tu bocahnya jadi meluk gue :D )
Aku : Tuh kan, pusing kan
Bocah : Heheheeheeee
Aku : Kamu namanya siapa??
Bocah : Nicolas teh
Aku : Nicolas Saputra?
Bocah : iya teh
Aku : wah, berarti dulu mamanya suka nonton AADC ya. Hhehehehe *garing
banget, mana dia ngerti sama AADC, gw aj masih kelas 5 SD waktu itu

Aku : Kamu udah sekolah belum?? Kelas berapa?
Bocah : Udah dong, kelas 3
Aku : berarti udah bisa berhitung dong. Tambah-tambahan bisa ga?
Bocah : bisa
Aku : kalo kali-kalian udah bisa belum?
Bocah : bisa donggg
Aku : kalo gitu coba tebak, 3 x 3 berapa hayooo??
Bocah : hmmm.. berapa yah??
Aku : katanya udah bisa??
Bocah : satuuuuuu
Yahhhh, semua pasti udah bisa nebak kalo si bocah bernama Nicolas tea belum bisa kali-kalian.
Beberapa detik kemudian, datanglah bocah kedua dengan muka yang mirip hanya saja yang ini lebih tinggi.
Bocah2 : Nikooooooooo
Aku : eh, ini siapa?? Kakak nya Nicolas ya??
Bocah2 : iya teteh
Aku : Kakak namanya siapa??
Bocah2 : nathanael (blablabla *gue lupa) purga
Aku : manggilnya apa??
Bocah2 : Nathan aj teh
Aku : Nathan kelas berapa?
Nathan : kelas 2 SD teh
Aku : loh kok kakaknya kelas 2 adeknya kelas 3 sih??
Nathan : Dia bohong teh *nunjuk si adek
Nico : *cengar cengir
Hmmmmmmm... gue dikibulin anak bocah coy

Singkat cerita, gue akhirnya akrab dengan ke-3 anak yang gue temuin dijatos itu. 3?? Ya ada 3. Yang satu lagi namanya Bagus apa Dimas gitu, gue lupa. Gue emang ga ahli atau sebut saja lemot kalo ngingat nama orang, mesti di ulang berkali-kali atau kalo ngga harus disangkut pautin sama sesuatu dulu biar ingat.
Kenapa gue ingat sama Nico, itu karna gue ingat sama Nicolas Saputra aliang Rangga @AADC. Dan kenapa gue ingat Nathan, karna gue ingat sama film Milly dan Nathan yang main si Olivia Jensen mantannya Afgan itu loh yang putih-putih, tp gue ga tau nama pemeran Nathannya siapa. Dan kenapa gue ga ingat nama anak yang satu lagi, soalnya anak yang satu lagi ga begitu berinteraksi banyak sama gue kemaren.

Gue kaya babby sitternya anak-anak itu, tapi gue seneng banget karna itu mengingatkan gue sama my lovely Noval adek aling perhatian dan pengertian sedunia, tapi ga ada adek yang lebih romantis daripada Dendy.

Pede-nya nih, gue jadi bahan tontonan orang-orang disana karna gue alih profesi jadi tukang odong-odong tuh anak-anak, ngegendong mereka terus muter-muterin mereka sampai gue pusing. Its oke, tapi gue seneng, sumpah.
yang nambah bikin gue seneng lagi yaitu mereka ga ngijinin gue pulang, woooww gue bisa narik kesimpulan kalo gue bikin mereka terkesan, sampai Nico megangin gue “teteh jangan pulang ayo main lagi” :’)

Aku : yah teteh mau pulang sayang
Nico : Besok kesini lagi kan teh??
Aku : Insyallah 
Nathan : Teteh ini buat teteh *menyodorkan 2 bungkus permen
Aku : wah, makasih ya. Ini permen apa??
Nathan : ini permen susu sapi teh. Enak deh teh. Yang ini buat teteh, yang ini teteh
kasih buat temen teteh

Akhirnya setelah dirayu sang kakak, tangan gue dilepasin sama Nico sambil teriak-teriak seolah-olah gue mau nyulik tu bocah :))
Samapi gue mau turun, pas gue di eskalator, sampai gue ngilang dibalik tiang gede warna orange mereka masih melambai-lambai sambil teriak-teriak “dadaaaaaa, dadaaaaaaa” kemana arah gue jalan, gue ngeliat mereka ngikutin gue sampai gue bener-benar ilang dari pandangan. Hiks, terharu :’)

***

Hari ini gue with lenny, desi, ditambah dengan si Oma Claudia n friends buka puasa lagi di foodcourt jatos. Sebenarnya walaupun masih awal bulan tapi gue mau ngehemat buat modal backpacker agend gue, tp toh akhirnya jadilah gue makan lagi dijatos yang makanannya emang lebih mahal daripada kantin tempat gue biasa beli makan.

Sebenarnya niat gue tuh cuma berharap bisa ketemu lagi sama Nico dan Nathan, dua kakak-adik yang menggemaskan. Tapi sampai akhirnya gue balik, gue ga ngeliat batang idung mereka, padahal sehari sebelumnya mereka bilang kalo mereka tiap hari sehabis pulang sekolah ke jatos ke tempat counter orangtuanya.

Disini pe-de dan ge-er gue luntur. Sebenarnya gue-lah yang terkesan sama mereka dan belum tentu sebaliknya.

Ya ampun, waktu emang paling bisa merubah pikiran dan sudut pandang seseorang. Gue terkesan, gue terkesan karna Nico yang minta gendong dan main puter-puteran sama gue. Gue terkesan sama Nico yang narik-narik n nahan gue supaya ga pulang. Gue terkesan sama Nathan dan dua buah permen susunya. Gue terkesan sama Nico dan Nathan yang terus melambaikan tangannya dan berkata “daaaadaaaa daaadaaa” sambil berdiri dibalik pager dan ngikutin kemana arah gue pergi.

Gue terkesan sama hal-hal kecil itu, dan gue kangen mereka.
Hal-hal kecil yang bikin gue sadar akan arti sebuah penghargaan, penghargaan yang ga pernah gue kasih lagi bahkan buat orang terdekat gue. Gue terlalu sibuk dengan diri gue sendiri dan urusan gue.
Dan gue jadi ingat kalo beberapa pekan terakhir gue jadi otoriter banget, sok kuasa, sok pemimpin, sensi tingkat tinggi. Nyuruh ini, nyuruh itu, tapi sedikit sekali rasa sukur dan terima kasih gue sam orang-orang yang udah ngebantuin gue melakukan banyak hal.

Oke, pelajaran buat gue untuk lebih bisa menghargai dan memberikan penghargaan terhadap hal-hal kecil, seperti yang Nico n Nathan kasih ke gue karna gue ngajak mereka main walaupun bentaran doang. Hal kecil yang mereka lakuin jadi suatu penghargaan tersendiri buat gue. Kecil, emang terlihat kecil. Tapi ada sesuatu yang luar biasa disana. Ada semacam spirit tersendiri. Emang ga nyambung-nyambung banget sama cerita Nico dan Nathan serta sedikit kenangan di jatos, tapi gue emang hobi nyambung-nyambungi sesuatu sampe nyambung walaupun jatohnya jadi maksa, lebay dan sebagainya. Gue harap hal-hal seperti ini mengembalikan kesanguinisan gue yang ngumpet entah dimana, hidup sebagai seorang korelis akhir-akhir ini benar-benar ga pas buat gue, gue ngerasa terperangkap dalam tubuh asing yang ishhhhh “ada apa dengan aku??”

Udah ah yah nyerocosnya, Good Sleep All. Semoga besok pas maen ke jatos lagi gue bisa ketemu sana Nico dan Nathan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar